Fungsi Karbon Aktif untuk Filtrasi Air

Hasil dari penelitian, karbon aktif dalam filter air berfungsi untuk menyerap zat-zat tertentu, membuat air menjadi lebih jernih dan tidak berbau. selain untuk menjernihkan air, karbon aktif juga banyak digunakan untuk komponen material filter air seperti air keruh, air berbau tak sedap dan memfilter zat-zat kimia yang berbahaya.

Baca Juga | Fungsi Karbon Aktif untuk Adsorbsindi Pengolahan Tambang Emas | 081617905453 | Jual Karbon Aktif

Karbon Aktif Adalah Karbon yang juga dikenal dengan sebutan arang aktif. Merupakan padatan berpori yang mengandung 85%-95% karbon yang dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan cara pemanasan dalam suhu tinggi hingga pori-pori terbuka.

Pori-pori karbon aktif sebagai adsorben (penyerap) mempunyai luas permukaan dan mikropori yang besar dan mudah diregenerasi.

Karena itu, daya penyerapan karbon aktif lebih tinggi terhadap zat berwarna dan bau pada air. Keefektivitasan daya penyerap atau fungsi pada karbon aktif tergantung dari jumlah senyawa karbon dan luas permukaan partikelnya.

Kegunaan Karbon Aktif Untuk Penyaringan Air

Karbon aktif ini sendiri merupakan salah satu solusi yang digunakan untuk melakukan proses pemfilteran air atau menyaring air. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika kita menggunakan karbon aktif ini untuk menyaring air yang kotor tersebut. Berikut beberapa manfaat karbon aktif dalam masalah penyaringan air:  

1. Menyerap Bau

Ada banyak sekali masyarakat yang masih menggunakan sumber mata air yang menghasilkan air yang belum steril. Bahkan tak jarang, sumber mata air tersebut akan memberikan bau tidak sedap. Misalnya saja kekeruhan yang terjadi di masa penghujan yang membuat air sumur menjadi labih berbau. Jadi, dengan menggunakan karbon aktif ini, maka kita bisa menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

2. Menjernihkan Air

Bahkan, karbon aktif ini tidak hanya mengatasi masalah bau saja. Ini juga berfungsi untuk menjernihkan air. Sehingga air yang dihasilkan akan lebih layak untuk digunakan, apalagi untuk air minum. Senyawa ini akan mengendapkan beragam benda asing yang mencemari dan mengotori air tersebut.

3. Menghilangkan Klorin

Zat yang berbahaya ini juga bisa diatasi dengan menggunakan karbon aktif. Jadi, siapapun yang mendapati air yang keru dan mengandung banyak unsur berbahaya seperti klorin, bisa diatasi dengan menggunakan senyawa karbon aktif tersebut.

4. Menghilangkan Bahan yang Mencemari
Seperti yang kita bahas di atas, pori-pori dari karbon aktif ini lebih baik dan efektif untuk penyaringan bahan-bahan yang mengkontaminasi air tersebut. Sehingga harapan untuk mendapatkan air bersih yang bebas dari beragam partikel berbahaya dan asing bisa dilakukan dengan teknologi yang menggunakan senyawa karbon aktif tersebut.

Dengan menggunakan senyawa karbon aktif ini, maka upaya dalam penyaringan air menjadi lebih baik. Karena senyawa tersebut sangat aman untuk digunakan.

Kemampuan penyerapan akan lebih tinggi jika karbon aktif telah dilakukan aktivasi dengan temperatur tinggi. Mutu karbon aktif Autec yang dihasilkan dari tempurung kelapa mempunyai daya serap tinggi, karena arang ini mempunyai luas permukaan 5x10, iodine 1.200 dan volume yang padat. Karbon Aktif Autec telah diolah melalui proses aktivasi kimia dan fisika yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan memperbesar diameter pori setelah mengalami karbonisasi dan meningkatkan penyerapan.

Untuk pemesanan silakan langsung hubungi kami pada layanan kami 


 


0 Comments:

Posting Komentar

 
Top